Jenis Ikan Yang Baik untuk Bayi

December 16, 2011
Bookmark and Share

Ikan merupakan sumber protein yang bagus untuk bayi dan anak. Hal ini dikarenakan ikan mendukung perkembangan syaraf otak bayi dan anak.

Beri ikan di saat si kecil berhenti mengonsumsi air susu ibu dan mulai beralih ke susu formula.

Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan DHA (docosahexaenoic acid) di antaranya jenis
salmon memiliki banyak manfaat dalam mencegah penyakit arteri koroner yang bermanfaat untuk
pertumbuhan otak. Nutrisi ini sangat baik untuk anak-anak, terutama usia balita.

Dokter anak Scott W Cohen, penulis of Eat, Sleep, Poop: A Common Sense Guide to Your Baby’s First Year menyatakan, “DHA terutama bermanfaat dalam dua tahun pertama kehidupan untuk perkembangan otak, kognisi, dan ketajaman visual,”

Studi Clinical Pediatrics, 2008, menunjukkan, anak balita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi ikan mengalami peningkatan kosa kata dan pemahaman yang lebih baik dalam berkomunikasi. Yang paling dianjurkan adalah ikan salmon.

Malik sendiri mulai diberikan salmon saat usianya 10 bulan dalam porsi yang kecil. Biasanya ibu beli di restoran jepang langganan keluarga yaitu Sakura (karena di sana persediaan salmon di sana insyaAllah segar) atau beli di swalayan dekat rumah yang ibu tahu stok ikannya juga lumayan bagus.

Jadi bund…..yuk mulai kenalkan bayinya untuk mengkonsumsi ikan salmon, sedikit demi sedikit dulu ya untuk menguji apakah si kecil alergi atau tidak terhadap salmon. Tapi jangan khawatir jika bayi dan anak kita tidak menyukai atau alergi terhadap salmon, kandungan omega 3 di dalamnya bisa diganti dengan alpukat, kenari, dan minyak canola.

Add Comment Register



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cari Artikel