MPASI setelah Bayi Berumur 6 Bulan

April 28, 2011
Bookmark and Share

Sejak bayi lahir sampai berusia 2 tahun, pemberian ASI sangatlah penting. ASI memiliki lebih dari 100 bahan yang tidak dimiliki oleh susu formula manapun yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang semasa bayi mendapatkan ASI eksklusif umumnya lebih cerdas dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Setelah bayi berumur 6 bulan, pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Di usia 6 bulan, umumnya berat badan bayi yang normal sudah mencapai 2-3 kali berat badan bayi saat dilahirkan. Pertumbuhan bayi yang cepat perlu diseimbangkan dengan pemberian kalori dan gizi yang cukup.

Oleh karena itu, selain ASI, bayi juga perlu diberi makanan pendamping yang disesuaikan dengan kemampuan lambung bayi untuk mencerna makanan. Mengapa usia 6 bulan adalah waktu yang cocok untuk mengenalkan bayi pada makanan pendamping?

  1. Pada usia 6 bulan, kemampuan pencernaan bayi sudah mulai sempurna. Lambungnya mulai mampu untuk mencerna makanan padat.
  2. Pemberian makanan pendamping pada bayi usia 6 bulan juga bermanfaat untuk mengurangi resiko alergi makanan pada bayi.
  3. Sebelum 6 bulan bayi belum mampu untuk mengontrol otot lidah dan tenggorokan dengan baik. Sehingga memungkinkan bayi mudah tersedak karena makannya.
  4. Mulai umur 6 bulan, bayi sudah semakin aktif, oleh karena itu pemberian makanan pendamping sangat penting untuk menyeimbangkan kebutuhan energi bayi dalam melakukan aktivitasnya.

Add Comment Register



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cari Artikel