Menyimpan Makanan Bayi di FREEZER

September 9, 2011
Bookmark and Share

Beberapa waktu ada teman ibu yang menanyakan gimana tata cara penyimpanan dan pembekuan makanan untuk Malik karena pernah mengintip lemari es di rumah dan takjub dengan stok ASI dan makanannya Malik :)

Ibu melakukan hal tersebut untuk menghemat waktu dikarenakan jika tiap hari Ibu mesti memasak untuk Malik dalam porsi sedikitm lumayan takes time dan rempong :D hehe. Lagipula ibu sudah bowsing kok bahwa menyimpan makanan bayi tidak akan menghilangkan vitaminnya asal dilakukan dengan benar sesuai tata caranya.

Berikut ini ibu akan berbagi beberapa petunjuk penyimpanan makanan yang perlu diperhatikan:

1. Setelah dingin, bekukan makanan secepat mungkin.

2. Suhu freezer harus 18°C atau lebih dingin.

3. Gunakan wadah steril berbahan plastik (ibu menggunakan babycubes). Tandai dengan jelas isi dan tanggalnya tanggal pembuatannya. Ingat jangan mengisi wadah terlalu penuh, sisakan ruang untuk makanan membeku, jika terlalu penuh maka wadah bisa pecah atau terbuka sehingga makanan bisa tercemar.

4. Makanan bayi atau ASI tidak mengalami perubahan apapun selama tiga bulan dalam freezer. Bila ingin menggunakannya, tinggal dikeluarkan kemudian cairkan atau panaskan.

5. Jangan membekukan ulang makanan atau ASI yang telah dihangatkan. Bila sudah dipanaskan, berikan pada bayi dan buang sisanya

6. Sebisa mungkin area penyimpanan makanan bayi tidak bercampur dengan penyimpanan bahan makanan mentah seperti daging, ikan dll untuk mencegah kontaminasi. Jika hanya ada 1 lemari pendingin, pisahkan dengan baik makanan dari bahan makanan mentah lainnya (bungkus plastik dan simpan daging/ ikan ke dalam wadah tertutup lainnya).

7. Gunakan wadah kecil untuk menyimpan yang cukup untuk 1x makan. Ukuran wadah untuk 1x makan disesuaikan dengan usia bayi/ anak. Pilihannya adalah ukuran 35 atau 40ml, 70 ml atau 140ml. Jangan lebih besar dari ukuran tersebut untuk mencegah makanan sisa karena tidak habis. Dengan cara ini kita akan lebih hemat dan steril dalam mengelola stock makanan bayi kita.

Tags:

Add Comment Register



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cari Artikel