Jus Buah untuk Balita

September 27, 2011
Bookmark and Share

Berikut ini rekomendasi AAP terbaru mengenai pemberian/konsumsi jus buah pada bayi dan anak-anak yang perlu bunda ketahui. Intinya asal diberikan sesuai kebutuhan maka pasti berguna untuk si kecil kita.

* Jus buah tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.
* Setelah 6 bulan, bayi tidak boleh mengkonsumsi jus buah dari botol dan cangkir, yang menyebabkan mereka dapat dengan mudah meminumnya sepanjang hari. (Jangan biarkan anak menghisap jus buah dari botol dan cangkir, berikan jus buah saat waktu makan)
* Bayi tidak boleh diberikan jus buah saat waktu tidur.
* Untuk anak usia 1 sampai 6 tahun , konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 4-6 ons per hari (kira-kira 110-165 ml per hari).
* Untuk anak usia 7 sampai 18 tahun, konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 8-12 ons per hari (kira-kira 230-330 ml per hari).
* Anak-anak harus didorong untuk mengkonsumsi buah-buahan (potong).

AAP menyatakan bahwa jus buah murni adalah sehat jika diberikan dalam jumlah yang tepat bagi bayi dan anak-anak. Konsumsi jus buah yang berlebih menyebabkan malnutrisi, diare, berbagai penyakit perut, dan pengeroposan gigi.

Jika anak Anda susah makan, perhatikan jumlah jus buah yang dikonsumsinya, ia mungkin kenyang karena minum jus sehingga tidak ada ruang lagi untuk makanan yang lebih sehat.

Jika anak Anda terlalu banyak mengkonsumsi jus buah, Anda bisa mengurangi jumlah konsumsinya dengan secara bertahap menambahkan air pada jus. Dan ingat, air dan susu (sapid an kedelai) adalah minuman yang lebih sehat untuk anak Anda.

Sumber

* www.aap.org/advocacy/archives/maystudies.htm
* www.aap.org/mrt/May01.htm

Tags: ,

Add Comment Register



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cari Artikel